Waralaba Crepes Peluang Usaha Makanan Ringan Yang Banyak Penggemarnya

By : heri   |   Date : 08-12-2018
Facebook   Twitter   Whatsapp
waralaba-crepes-a

Waralaba Crepes - Siapa yang tidak mengenal crepes, makanan ringan yang berasal dari negara Perancis ini memang digemari segala kalangan. Cemilan yang berbahan dasar tepung, susu dan telur  ini sudah tersebar diseluruh penjuru dunia. Berbeda negara, berbeda pula cara penyajian makanan ini. Di negara asalnya crepes disajikan lembek seperti telur dadar atau disebut soft crepes, kemudian di toping dengan aneka olesan, buah-buahan dan lain-lain. Di Indonesia dan negara tetangganya crepes dibuat renyah dan garing, mungkin karena selera masyarakatnya demikian. Tetapi apapun cara penyajiannya crepes tetap saja banyak penggemarnya. Artikel singkat ini akan menjelaskan beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan berbisnis crepes

Mencetak Adonan Crepes

Untuk membuat adonan crepes memang tidak sulit tetapi untuk memasak atau mencetak adonannya dibutuhkan banyak latihan agar mahir. Karena untuk hasil crepes renyah dan garing dibutuhkan teknik tertentu saat memasaknya. Pada dasarnya ada dua langkah untuk mencetak adonan crepes yang garing, pertama adalah melebarkan adonan crepes yang kedua saat mengangkat dan melipat crepes. Tidak ada jalan lain selain berlatih untuk menjadi mahir memasak crepes. Untuk melebarkan adonan saat ini sudah tersedia wajan crepes semi otomatis, wajan ini sebenarnya sama dengan wajan crepes biasa tetapi dilengkapi dengan alat pemutar adonan khusus sehingga melebarkan adonan menjadi lebih mudah.

wajan-crepes-semi-otomatis

Untuk teknik mengangkat adonan dan melipatnya agar garing harus dilakukan bersamaan, sambil diangkat sekaligus dilipat. Karena adonan akan langsung mengeras saat diangkat dari cetakan. Kesulitan memasak crepes bisa juga diatasi dengan menjual soft crepes atau crepes lembek. Membuat soft crepes lebih mudah daripada membuat crepes garing. Lembek atau garingnya crepes dipengaruhi oleh banyaknya telur yang kita campurkan ke adonan. Tambahkan telur lebih banyak jika anda ingin mendapatkan hasil crepes yang lembek.

Bagaimana Menjualnya

Sebelum memutuskan dimana dan bagaimana sebuah produk dijual tentunya kita harus tahu terlebih dahulu siapa market terbesar produk kita ini. Untuk produk crepes tentunya anak-anak dan remaja adalah pangsa pasar terbesarnya. Jadi anda bisa mencari lokasi-lokasi yang banyak anak kecil dan remaja seperti kolam renang, tempat wisata, sekitar sekolahan atau kampus, area perumahan, tempat-tempat keramaian seperti area car free day dan lain-lain. Untuk menjualnya anda bisa mencari lokasi menetap atau dijual keliling dengan gerobak.

Operasional Usaha Crepes

Usaha crepes termasuk dalam usaha makanan yang minim resiko, karena hampir tidak ada bahan yang terbuang. Untuk kemudahan dalam menjalankan operasionalnya anda bisa menyetok tepung crepes di gerai atau di rumah. Karena tepung crepes sudah siap, untuk membuat adonan anda tinggal menambahkan air dan telur lalu dikocok hingga jadi adonan cair. Adonan bisa dibuat dulu di rumah atau dibuat mendadak saat di gerai. Adonan yang tidak habis terjual bisa anda masukkan ke dalam kulkas dan dipakai keesokan harinya tetapi ini hanya bisa dilakukan satu kali saja. Bahan-bahan topping dan olesan manis juga cenderung awet. Jika anda menjual crepes asin yang berisi daging, sayuran serta bahan lain yang mudah rusak, sediakan wadah khusus seperti cool box yang bisa anda isi es agar bahan tidak cepat rusak.

Strategi Pemasaran Crepes

Bagi anda yang ingin memulai usaha makanan crepes ini tentunya membutuhkan strategi pemasaran yang tepat karena saat ini persaingan usaha crepes juga semakin ketat. Strategi pemasaran crepes yang mudah adalah dengan menyajikannya secara berbeda, seperti cara melipat crepes. Beberapa pengusaha crepes sudah melakukannya contoh seperti melipat crepes dengan cara menggulung, dibentuk kerucut atau melipat crepes dengan cara melebar jadi terlihat besar. Cara lain agar berbeda anda bisa membuat aneka warna adonan crepes. Seperti adonan crepes coklat, hijau, pink dan lain-lain. Strategi lain anda bisa meniru cara penyajian crepes di negara tertentu.

waralaba-crepes-b

Setelah anda menentukan konsep yang berbeda dalam menjual crepes, tentunya sekarang anda siap untuk berbisnis crepes dan memenangkan persaingan. Jika anda masih bingung bagaimana memulai usaha crepes ini anda bisa membeli salah satu merk waralaba crepes, daftar waralaba crepes bisa anda lihat di menu direktori waralaba website ini.

copyright 2022   waralabaoke.com