Mental Pengusaha Harus Anda Miliki Ketika Memutuskan Menjadi Wirausahawan

By : admin   |   Date : 14-02-2019
Facebook   Twitter   Whatsapp

mental-pengusahaData bps menyebutkan dari 250 juta jumlah penduduk di Indonesia hanya sekitar 3% yang berprofesi menjadi wirausaha, jumlah yang terbilang sedikit jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Mengapa sangat sedikit orang yang mau berwirausaha? Hal ini terjadi karena memang kebanyakan manusia menyukai sesuatu yang mudah. Menjadi pegawai gajian tentunya lebih nyaman karena setiap bulannya ada kepastian mendapatkan uang. Berbeda dengan seorang wirausahawan, seringnya apa yang diupayakan seorang pengusaha belum tentu membuahkan hasil. Ya faktanya memang berwirausaha itu memang tidak mudah, banyak sekali pengusaha-pengusaha baru yang gagal dan akhirnya tumbang berhenti berwirausaha serta kembali menjadi pegawai gajian. Disinilah dibutuhkan mental pengusaha yang sekuat baja dari seorang pengusaha. Mereka harus punya rasa optimis yang diatas rata-rata kebanyakan orang. Mereka harus yakin kegagalan hanyalah sukses yang tertunda, mereka yakin jika tiba waktunya keberhasilanpun akan dapat diraih.

Jika anda sekarang seorang karyawan perusahaan dan sedang berencana baralih profesi menjadi pengusaha, ada beberapa sifat-sifat tertentu yang perlu anda bangun dalam diri anda agar nantinya bisa bertahan dalam belantara bisnis dan mencapai keberhasilan.

Siap keluar dari zona nyaman

Menjadi pengusaha berarti anda harus siap untuk menghadapi keadaan dimana penghasilan anda tidak menentu jumlahnya, suatu keadaan yang tidak menyenangkan tentunya, tetapi pasti akan anda lalui. Fakta menunjukkan banyak pengusaha baru yang menyerah setelah terjun ke dunia usaha karena apa yang mereka usahakan ternyata kurang menghasilkan. Kesiapan mental saat menghadapi masa-masa kesulitan keuangan ini yang perlu dibangun. Sebenarnya semua pengusaha pasti mengalami masa-masa susah ini, ada yang menyerah di tengah jalan tetapi ada yang mampu bertahan hingga berhasil. Jika tekat anda sudah bulat untuk menjadi wirausahawan, mulai dari sekarang hilangkan kesenangan anda berada di dalam zona nyaman sehingga anda siap untuk menghadapi masa-masa sulit yang kelak menghadang anda.

Biasakan selalu berpikir jernih dan optimis meski dalam kondisi didera berbagai masalah

Sikap optimis dan selalu berusaha berpikir jernih bisa anda biasakan sejak masih bekerja menjadi pegawai kantor. Jika sekarang anda masih sering mengeluh dengan kondisi pekerjaan anda, mungkin anda sebaiknya menunda dulu untuk berwirausaha. Karena persoalan yang akan anda hadapi setelah menjadi pengusaha bisa jadi lebih berat daripada persoalan anda sekarang. Kebiasaan selalu optimis dan berpikir jernih akan sangat berguna saat nanti menghadapi persoalan ketika berbisnis sendiri.

Menyukai perubahan

Dunia usaha selalu dipenuhi dengan dinamika perubahan. Usaha yang tadinya dijalani dengan aman-aman saja tiba-tiba berantakan karena perubahan-perubahan yang terjadi seiring perkembangan jaman. Contohnya bisnis wartel yang dulu sempat bagus akhirnya punah setelah kemunculan handphone, restoran-restoran sepanjang jalur lama Jakarta Bandung yang awalnya laris akhirnya bangkrut sejak jalan tol cipularang dibuka, toko-toko yang berada di mall yang dulunya ramai sekarang sepi karena dampak perkembangan bisnis online. Perubahan selalu terjadi dan tidak bisa kita cegah. Tidak ada jalan lain selain menerima dan menyukainya. Dengan menyukai perubahan seorang pengusaha akan tetap optimis serta terus mencari jalan untuk mengantisipasi perubahan tersebut.

Menerima kegagalan

Kemampuan menerima kegagalan sangat diperlukan oleh setiap pengusaha. Hal ini dibutuhkan pengusaha agar cepat bangkit kembali ketika mengalami kegagalan, dan tidak berlarut-larut dalam kesedihan serta kekecewaan. Karena kegagalan dalam berusaha adalah makanan sehari-hari seorang pengusaha. Tidak masalah seorang wirausahawan mengalami kegagalan sampai ribuan kali, asalkan memiliki kemampuan menerima dan segera bangkit kembali serta berusaha terus untuk memperbaiki kegagalannya.

Menyukai aktifitas menjual

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa aktifitas berbisnis pada dasarnya adalah aktifitas menjual sesuatu produk barang atau jasa. Penghasilan seorang pengusaha didapatkan dari aktifitas menjual ini. Jika anda sekarang kurang menyukai kegiatan menjual, mungkin anda harus menunda dulu niat untuk berwirausaha dan berlatih menjual serta belajar menyukainya.

Tidak bosan untuk belajar terus menerus

Pada dasarnya tidak ada teori yang baku dalam melakukan aktifitas usaha. Bahkan tiap-tiap pengusaha memiliki cara sukses sendiri-sendiri yang tidak sama satu dengan lainnya. Kita bisa mempelajari cara-cara orang sukses dan menerapkan untuk usaha kita. Seandainya suatu cara tidak bisa membuahkan hasil jangan lelah untuk mempelajari cara-cara yang lain hingga kesuksesan dapat kita raih.

Demikianlah 6 sifat yang harus ada pada diri kita apabila berniat memulai berwirausaha. Yang penting adalah tekat yang kuat dan memperjuangkan semaksimal mungkin serta jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan agar semua yang kita usahakan diberi kelancaran dan membawa kita meraih kesuksesan. Aamiin

copyright 2022   waralabaoke.com